macOS 13.0 Ventura masih di intel Core i5 4950

 macOS terbaru versi 13 yang dinamai Ventura baru saja stable release. langsung capcus download seperti biasa di olarila.com lengkap dengan EFI foldernya. flash .raw pakai balena etcher ke flashdisk 16GB usahakan buka partisi boot, saya pakai parted magic live dan ganti EFI foldernya dengan opencore yang sesuai dengan mesin kita. EFI ini jg nanti yang akan kita timpa ke partisi EFI di hardisk/ssd Venturanya.


dimulailah booting dari flashdisk yang sudah dibuat tadi dan muncul mouse pointer dan dilanjutkan memilih bahasa dan buka utilitas disk, tampilan semua perangkat. dan tadaaa. tak terbaca 1 pun storage internal. usut punya usut kemungkinan ventura tidak mau lagi diinstall di perangkat jadul dan lelet, mungkin maunya di NVME biar ngebut :D

Okelah karena perangkat kita cuma apa adanya yaitu ssd sata m.2 jadi mau tak mau harus diakali. ye bukan menyerah donk. kebetulan macOS Monterey yang lama kan masih berjalan di SSD 120GB sata 2,5inch, jadi kita booting dari sana, dan jalankan Ventura installernya yang tadi sudah di flashdisk. selesai dan auto reboot. pilih boot dari flashdisk dan lanjut ventura installernya sampe welcome lagi.

Download Command line EFI Mounter

mount partisi EFI dan ganti dengan EFI folder dari flashdisk td.

test reboot tanpa flashdisk. ok mantap ikuti terus sampai login dengan icloud dan lain-lain. install aplikasi yang diperlukan, kalau tidak punya lisensi Microsoft Office bisa menggunakan FeeOffice atau Libreoffice atau WPS office atau office2 yang lain.

Ada 1 kendala lagi yaitu tampilan tidak QE/CI alias tidak smooth dan berat jelek dan tidak transparant. ternyata setelah google sana sini Intel HD 4600 sudah tidak didukung lagi oleh Ventura, sudah diakali dengan OpenCore Legacy Patcher malah stcuk di logo Apple. jadi daripada ribet saya putuskan pakai lagi GPU dengan metal-capable card saya AMD Radeon RX 560 4GB merk abal-abal tapi sudah flash firmware Sapphire  sehingga kalau dipakai di Windows akan dikenali sebagai Sapphire. Sesuai dengan kebutuhan terendah untuk metal capable macOS sejak High Sierra

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengganti Mac Address eth0 di armbian

Mining verus coins on various devices

Install Desktop Environment di Armbian Server Aml s905x