Enaknya pakai EndeavourOS, Distro Linux Turunan Arch Linux

Kira-kira hampir sepekan ini mencoba Distro Linux EndeavousOS yang kebetulan baru update release 22.1 di DistroWatch.com. Walaupun sebenarnya Soal Versi Release Distro Turunan Arch Linux tidak begitu penting, karena system update di Arch Linux adalah rolling release artinya kamu bisa pake versi berapa pun dan kemudian mengupdatenya maka hasilnya adalah kamu akan memakai versi terbaru. Beda dengan system update point release dimana kamu dibayang-bayangi masa habisnya dukungan update untuk versi yang kamu pakai saat ini, belum lagi kerepotan dan syarat minimum system yang bisa jadi perangkatmu sudah tidak didukung di versi terbarunya.

Begitu terpantau di Distrowatch.com ada yang baru seperti biasanya saya penasaran untuk segera mencobanya. Hitung-hitung untuk mengingat-ingat lagi seperti apa rasanya dan bagaimana cara menggunakan system operasi yang berbeda-beda. O iya kebanyakan atau biasanya saya menggunakan Linux turunan Ubuntu atau debian, karena apa? karena banyak pembuat aplikasi yang hanya menyediakan .deb untuk pilihan System Operasi Linux.

Tapi kekhawatiran tidak bisa menginstall aplikasi kesukaan di Arch Linux telah hilang dengan adanya yay, ya yay :) kalau di debian atau ubuntu kita tinggal apt install appnya, nah di Arch Linux untuk app native di Arch Linux kita bisa menggunakan pamac, intip dulu apakah appnya bisa menggunakan pamac pacman di https://archlinux.org/packages/ misal sudo pacman -Syu opera nah Browser Opera pun akan terinstall. Tapi bagaimana dengan aplikasi yang tidak ada di daftar app native Arch Linux?  misalnya teamviewer, simple  juga caranya, intip dulu di AUR https://aur.archlinux.org/ ada? langsung aja perintah yay -S teamviewer satu lagi contohnya onlyoffice, ya Office Suite yang kece badai dan tersedia untuk semua OS. cek di AUR tinggal yay -S onlyoffice nanti yay sendiri yang akan mencari nama lengkapnya yaitu onlyoffice-bin seperti hasil pencarian di AUR. Untuk yay jangan pakai sudo ya, tapi nanti setelah dibuild dan siap menginstall maka akan diminta memasukkan password sudo, jadi jangan lengah kalau tidak ya timeout gak jadi diinstall.

Untuk lebih memperkenalkan Distro sederhana EndeavousOS ini berikut saya bagikan screenshot dan videonya, mudah-mudahan tertarik.


Tampilan Layar Utama EnveavourOS

Onlyoffice Lembar Bentang seperti Microsoft Excel

LMMS Pengedit atau pembuat music

OnlyOffice Dokumen layaknya Microsoft Word

Teamviewer untuk linux

Telegram Desktop untuk Linux

Vitrualbox

Winbox64 berjalan di Wine

Mengedit Video dengan OpenShot Video Editor

Handbrake
 
Steam

Video yang direkam dengan OBS Studio dan diconvert dengan Handbrake

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengganti Mac Address eth0 di armbian

Mining verus coins on various devices

Install Desktop Environment di Armbian Server Aml s905x