Membuat Saklar Online dengan NodeMCU esp8266 dan Relay 8Ch

Membuat Saklar Online sehingga bisa diakses dimana saja bahkan bisa dibuatkan jadwal jika anda punya Mikrotik dari schedulernya. Adapun bahan-bahan yang diperlukan adalah sebuah platform Iot open source berbiaya rendah NodeMCU ESP8266 dan Relay 8 Ch untuk arduino. Berhubung di Djatun Computer memang ada sebuah router Mikrotik yang online 24 jam dan terhubung ke internet dilengkapi baterai backup pula jadi sangat mendukung untuk membuat saklar online bisa diakses dari hape baik dengan aplikasi android maupun web browser. Ditambah dengan cloud VPS yg terinstall Linux Ubuntu menjadikan saklar ini bisa diakses dari mana saja dengan menginstall sstp server yg terhubung ke Mikrotik yg di rumah.

Setelah bahan disiapkan, install Arduino IDE, Driver ESP8266, menambahkan board di board manager Arduino IDE dengan cara pastekan URL http://arduino.esp8266.com/stable/package_esp8266com_index.json ke Additional Board Manager URLs dari menur File - Preferences, kemudian cari esp8266 di menu Tools - Board - Board Manager (pilih yang terbaru).

Pastekan Kode di bawah ini ke Arduino IDE dan compile, jangan lupa mengganti nama AP sesuai dengan SSID wifi yang ada disini wifi kita Djatun-HotSpot. Saya tambahkan juga SoftAP dengan nama DjC-IoT supaya nodemcu ini bisa diakses langsung, ini diperlukan apabila WiFi di rumah sedang mati.


Gunakan GPIO sesuai dengan pin berikutdikarenakan tidak semua GPIO dari NodeMCU bisa dipakai untuk relay.
Contoh Saklar yang telah dibuat adapun gambar ini mencoba untuk membuat 12Ch relay ternyata ketika dicoba tidak berhasil. Sehingga kita merekomendasikan untuk membuat 8Ch saja. Bisa saja Nodemcu untuk mengontrol 64Ch relay dengan menambahkan I2C untuk tiap 8Ch.

Kebanyakan kita sudah mempunyai smart phone android, jika tidak punya komputer/mikrotik kita bisa membuat jadwal nyala mati melalui aplikasi Automate di android

Contoh scriptnya di Mikrotik :

/tool fetch url="http://192.168.**.**/update?relay=2&state=0" keep-result=no;

ganti sesuai IPnya, nomor relaynya dan juga state 0 adalah mati dan 1 adalah nyala.

Contoh perintah di bash script:

curl -s -X GET "http://djatun.com:****/update?relay=4&state=1"

Bila punya server di cloud bisa juga diforward routingnya/DMZ sampai ke ip nodemcunya

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengganti Mac Address eth0 di armbian

Mining verus coins on various devices

Install Desktop Environment di Armbian Server Aml s905x